Permainan KASBOL
PERMAINAN KASBOL
Oleh :
Fajar Awang Irawan
PENDIDIKAN OLAHRAGA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010
Standart Kompetensi
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan baik, dan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Softball adalah permainan beregu yang menggunakan bola dan pemukul,dan merupakan penyederhanaan dari permainan baseball (Sugiyanto dan Tandiyo Rahayu, 1998: 3)
Permainan softball termasuk dalam permainan bola kecil, namun permainan ini membutuhkan lapangan yang luas serta alat-alat khusus dimana untuk memperolehnya relatif sulit dan dengan harga yang relatif mahal. Karena tidak setiap sekolah memiliki sarana dan prasarana yang mencukupi untuk melaksanakan olahraga ini maka perlu adanya suatu model pengembangan permainan kastball yang berasal dari penggabungan permainan kasti dan softball untuk proses pembelajaran penjasorkes.
1. Tujuan
a) Menghasilkan permainan kasbol yang dapat dimainkan tanpa harus ada sarana dan prasarana yang standar.
b) Membuat kasbol menjadi permainan yang menarik bagi siswa
c) Mengetahui uji penerapan permainan kasbol di sekolah lain.
2. Permainan Kasbol
Kasbol adalah permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti dan softball yaitu melempar, menangkap, dan memukul ditambah dengan ketrampilan mengetik dan menghindari sentuhan bola.
Permainan kasbol merupakan kombinasi dari permainan kasti dan softball, permainan ini dibuat dengan tujuan agar siswa mampu memahami dan mampu mempraktekkan materi permainan softball. Dengan adanya permainan kasbol ini diharapkan permainan bola kecil akan lebih variatif dan menarik.
3. Teknik Permainan Kasbol
a. Teknik Dasar Bagi Regu Penjaga / Home
1) Teknik Melempar Bola
Cara melempar bola bagi penjaga dibedakan menjadi 2; yang pertama untuk pitcher pada saat memulai permainan lemparannya berupa lemparan bawah yang ditujukan kepada pemukul setelah permainan berlangsung pitcher boleh melakukan lemparan atas, sedangkan untuk penjaga yang lain lemparannya berupa lemparan atas karena dapat memberikan ketepatan dan kecepatan.
2) Teknik Menangkap Bola
Menurut arah datangnya bola cara menangkap dapat berupa menagkap bola melambung / tinggi, menangkap bola lurus datar, menangkap bola rendah / bergulir dibawah. Sedangkan untuk menangkap bola dapat menggunakan dua tangan ataupun satu tangan.
3) Teknik Mematikan Lawan
Cara mematikan lawan yang pertama dengan cara membakar tempat hinggap. Caranya sambil membawa bola menyentuhkan salah satu kaki ke tempat hinggap. Yang kedua dengan cara men tik (take), caranya dengan menyentuhkan bola ke badan pelari.
b. Teknik Dasar Bagi Regu Pemukul / Visit
1) Teknik Memukul Bola
Pemukul dipegang menggunakan dua tangan, pemukul diletakkan didepan badan dan ayunan pukulan berhenti disamping kiri depan.
2) Teknik Menghindari Sentuhan Lawan
Seorang pelari yang berlari ke base untuk menhindari tik dari penjaga dapat melakukan gerak tipu atau sliding.
3) Teknik Berlari Menuju Base / Tempat Hinggap
Setiap pemukul setelah melakukan pukulan harus berlari ke base 1,2,3,4, dan homebase untuk memperoleh poin, jika tidak menginjak base dinyatakan mati.
4. Peraturan Permainan
a. Waktu Permainan / Inning
Dalam pembelajaran SMP satu kali pertemuan waktu yang digunakan 2 x 40 menit, untuk pembagian waktunya yaitu 10 menit awal untuk persiapan yang meliputi ganti baju dan pergantian jam pelajaran sebelumnya, 15 menit untuk pemanasan dan pengenalan permainan, 45 menit untuk permainan atau 3 inning dan 10 menit untuk pendinginan, istirahat dan ganti baju.
b. Pemain
Diminkan oleh dua regu yang terdiri dari 15 pemain, Terdapat 15 orang penjaga dalam satu team yang terdiri dari pitcher, catcher, penjaga base pertama, penjaga base kedua, penjaga base ketiga, penjaga base ke empat, 4 orang shortstop infielder, 2 orang right outfielder, 1 orang center outfielder, dan 2 orang left outfielder.
c. Nilai / Point
1) Seorang pemukul dapat melewati empat base sekaligus dari hasil pukulan sendiri (Home Run) nilai 1.
2) Seorang pelari dengan atau tanpa bantuan rekan satu tim dapat kembali ke Home Base nilai 1.
d. Pergantian Jaga atau Mukul (Change)
Tim pemukul atau pelari yang mati berjumlah 3 orang. Bisa dikarenakan Strike Out ( bola masuk tiga kali), di take ( bola disentuhkan ke badan), di bakar basenya, atau catch ball (menagkap bola lambung).
e. Regu Jaga / Home
1) Jumlah penjaga 15 orang
2) Pitcher melemparkan bola menggunakan lemparan bawah
3) Penjaga menggunakan lemparan atas untuk melempar bola
4) Penjaga dapat mematikan tim pemukul dengan strike out, catch ball, di tik (take), dan base dibakar.
5) Penjaga dapat berdiri bebas dalam batas lapangan yang sudah ditentukan.
f. Regu Pemukul / Visit
1) Seorang pemukul memegang tongkat pemukul dengan menggunakan dua tangan dan kedua kaki harus berada di dalam batter box (tempat memukul).
2) Seorang pemukul memiliki kesempatan tiga kali strike dan empat kali ball
3) Pemukul mendapat tiga kali strike dinyatakan mati
4) Pemukul mendapat empat kali ball dapat langsung menuju base pertama
5) Urutan pemukul sesuai dengan daftar batting order / urutan pemukul, jika ada pemain yang terlewati maka dinyatakan mati.
6) Jika pemukul dapat kembali ke home base dengan atau tanpa bantuan teman nilai 1, dan jika pemukul dapat melakukan home run nilainya 1
Gambar 1
Gerakan memukul
Keterangan : 1) posisi awal pemukul ada didepan 2) pemukul ditarik kebelakang 3) pemukul diayunkan kedepan 4) gerakan lanjutan.
g. Batting Order / Urutan Pemukul
Urutan pemukul harus sesuai dengan daftar nama yang telah disusun oleh tim.
BATTING ORDER PERMAINAN KASBOL | |||||||||||||||||||||||||||||
Sekolah | | : | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Kelas | | : | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Hari / Tanggal | | : | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
HOME / VISIT | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
No | Nama | POS | 1 | 2 | 3 | ||||||||||||||||||||||||
S | B | O | 1 | 2 | 3 | 4 | Hm | P | S | B | O | 1 | 2 | 3 | 4 | Hm | P | S | B | O | 1 | 2 | 3 | 4 | Hm | P | |||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
10 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
11 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
12 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
13 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
14 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
15 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
CADANGAN | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
h. Cara mematikan
1) Untuk mematikan lawan penjaga tidak boleh melempar bola kearah pelari, jika bola dilempar ke pelari maka pelari tidak mati tetapi tetap selamat (save).
2) Membakar base dapat diartikan mematikan lawan dengan memegang bola dan menginjak base sebelum pemain sampai di base selanjutnya.
3) Mengetik yaitu mematikan lawan dengan cara menyentuhkan bola ke tubuh lawan.
4) Pelari boleh lepas dari base saat bola telah lepas dari tangan pitcher, dan jika pelari telah lepas dari base dan bola masih ditangan pitcher maka pelari dinyatakan mati atau out.
5) Bola lambung yang dipukul oleh batter yang tertangkap penjaga sebelum bola menyentuh tanah disebut dengan catch ball dan pemukul tersebut dinyatakan mati.
6) Catch Ball atau menangkap bola lambung hasil pukulan
7) Pemukul 3 kali Strike (Strike Out)
8) Di Burn (dibakar ) atau base diinjak
9) Penjaga boleh menggunakan dua tangan untuk menangkap bola.
Gambar 2
Di bakar (burn) / base diinjak
Gambar 3
Di tik (take) / menyentuhkan bola ke badan
5. Istilah Dalam Permainan Kasbol
1) Pitcher
Pitcher adalah orang yang melambungkan bola dari regu jaga. Pitcher melempar bola dengan menggunakan teknik lemparan bawah seperti dalam lemparan pitcher softball.
Gambar 4
Lemparan bawah oleh Pitcher
2) Catcher
Catcher adalah orang yang menangkap bola / penjaga belakang dari regu jaga. Posisi catcher saat jaga boleh berdiri atau jongkok.
3) Runner / Pelari
Dalam satu base tidak boleh diisi lebih dari satu orang. Seorang pelari tidak boleh mendahului pelari yang ada didepannya dan setiap melewati base pelari harus menginjak base, jika tidak maka akan dinyatakan mati.
4) Strike Zone
Strike zone merupakan daerah dimana bola yang dianggap sah dan harus dipukul. Daerah ini melintasi home base berada diatas lutut dan dibawah bahu pemukul.
5) Strike (Bola sah)
Strike terjadi jika bola yang dilempar melewati strike zone, bola dipukul tidak kena, dan bola dipukul hasilnya foul ball. Dan jika pemukul mendapat 3 kali strike maka pemukul dinyatakan mati (Strike Out).
6) Ball (Bola salah)
Ball adalah bola yang dilemparkan salah atau tidak melewati strike zone, bola yang ball boleh tidak dipukul. Jika pemukul mendapat 4 kali ball, maka pemukul dapat berjalan bebas ke base pertama tanpa gangguan (free walk).
7) Catch Ball
Jika bola hasil pukulan melambung dan tertangkap penjaga maka batter otomatis mati dan pelari yang ada di base harus menginjak base dahulu baru setelah bola tertangkap pelari boleh lepas dari base dan lari, jika pelari saat bola belum tertangkap tetapi sudah lari ke base selanjutnya dan setelah itu bola tertangkap maka ia harus kembali ke base sebelumnya tetapi jika pelari tidak kembali dan base tersebut dibakar oleh penjaga maka pelari dinyatakan mati.
8) Foul Ball
Foul Ball dapat diartikan jika bola hasil pukulan keluar dari lapangan mengarah kesamping kanan atau kiri lapangan dan dibelakang pemukul tanpa tersentuh penjaga terlebih dahulu. Tetapi jika bola hasil pukulan melambung ke luar area out field maka disebut Home Run dan pemukul dapat kembali ke home base sekaligus dengan mendapat nilai 1.
9) Free Walk
Free walk terjadi jika pemukul mendapat 4 kali ball dan boleh menuju ke base pertama dengan bebas.
10) Home Run
Pemukul dengan pukulannya sendiri yang melambung melewati garis out field dan dapat kembali ke home base secara langsung secara bebas dan mendapat nilai 1.
6. Peralatan dan Lapangan
1) Bola
Bola yang digunakan dalam permainan kasbol ini adalah bola kasti. Terbuat dari karet dengan berat 30-70 gram dan keliling bola 20 cm.
Gambar 5
Bola Kasti
2) Pemukul
Pemukul kasbol menggunakan pemukul Rounders yang terbuat dari kayu dengan panjang 75 cm dan diameternya 14 cm dengan alasan bentuknya mendekati ukuran pemukul softball yang sebenarnya dan sesuai dengan anatomi siswa SMP.
Gambar 6
Pemukul Kasbol
3) Glove
Glove merupakan sarung tangan atau alat yang digunakan untuk menangkap bola yang fungsinya untuk meredam sakit saat menangkap bola. Glove kasbol ini terbuat dari kain yang dijahit dan dilapisi dengan busa yang ada didalamnya.
Gambar 7
Glove Kasbol
4) Home Plate, Pitcher Plate, dan Base
Terbuat dari keset yang berasal dari karet atau kain dengan ketentuan untuk base berbentuk segi empat dengan ukuran sisinya 30 cm, untuk pitcher plate berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 15 cm, serta untuk home base berbentuk segi lima.
Gambar 8
Home Plate, Pitcher Plate, dan Base
5) 15 m
Lapangan
7 m
9 m
Gambar 9
Lapangan Kasbol
Keterangan :
- Pitcher
- Catcher 10 Short stop
- Base satu 11. Outfielder
- Base dua 12. Outfielder
- Base tiga 13. Outfielder
- Base empat 14. Outfielder
- Short stop 15. Outfielder
- Short stop A. Batter box
- Short stop B. Ruang tunggu / Dug out
Lapangan dalam pengembangan kasbol ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 15 x 30 meter, bentuk base segi lima dengan jarak antar base adalah 9 meter, jarak home base dengan pitcher plate adalah 7 meter dan area outfield dapat menyesuaikan dengan lapangan yang tersedia.
by : awg
www.fajarawang.blogspot.com
Komentar